Bisnis Kayu Jabon

Kayu jabon sangat dibutuhkan pada industri kayu lapis (plywood), bahan baku meubel dan furniture, serta bahan bangunan non kontruksi. Keunggulan inilah yang membuat pemasaran kayu jabon sama sekali tidak mengalami kesulitan, bahkan industri kayu lapis siap untuk membeli setiap saat dalam jumlah yang tidak terbatas.

Bila di Indonesia menggunakan Jabon masih terbatas pada kayunya, di India bagian dari tanaman jabon, seperti bunga, buah, daun, kulit kayu, dan akarnya ternyata sudah digunakan secara komersial. Daun Jabon dimanfaatkan sebagai obat pelangsing dan obat kumur. Ekstrak daun Jabon dipercaya mengandung senyawa-senyawa kimia yang bersifat antimikroba. Daun Jabon juga bisa dipakai sebagai tempat alas makanan (pengganti piring), sementara daun mudanya bisa dijadikan sebagai pakan ternak.

Masih di India, bunga dan buah jabon dimakan atau dikonsumsi sebagai bahan obat-obatan. Bunga jabon juga bisa digunakan sebagai sumber bahan parfum khas India yang disebut ‘attar‘. Selain itu, pohon jabon juga menjadi salah satu jenis yang bunganya dikembangkan untuk mendukung usaha lebah madu. Getah kuning dari kulit akar bisa dimanfaatkan sebagai bahan celupan pewarna kuning yang dapat digunakan dalam usaha kerajinan tangan. Kulit kayu yang telah kering dapat digunakan untuk mengobati demam dan sebagai obat kuat.

Campuran bubuk kulit kayu jabon dengan kulit batang mangga (Mangifera indica) dan tanaman sejenis meranti (Shorea robusta) dimanfaatkan untuk mengobati penyakit kolera dan stroke, sedangkan seduhan kulit batangnya dipercaya dapat menyembuhkan penyakit disentri. Ternyata buah Jabon dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi sebagai bahan obat-obatan

Di alam, daun jabon disukai oleh rusa dan banteng. Hal ini tentu menjadi alternatif jenis pakan yang dapat diberikan pada ternak, khususnya saat musim kemarau datang, yaitu saat rumput-rumput telah mengering atau mulai sulit didapatkan.

Perkembangan industri berbasis tanaman jabon diharapkan bisa pula diupayakan di Indonesia. Hal ini mengingat hutan rakyat jabon mulai berkembang pesat di Indonesia. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan selain kayu, penggunaan tanaman jabon dapat dikembangkan hingga ke industri pengolahan bunga, buah, daun, kulit kayu, dan akar jabon sehingga prospek bisnis kayu Jabon pun semakin cerah.

PT. Asia Agro Sejahtera selaku perusahaan yang bergerak di bidang tanaman perkebunan, mengajak Anda turut serta dalam kerjasama perkebunan jabon maupun trading kayu. Melalui brand Jabon Asia Agro, kami telah mengelola banyak perkebunan jabon baik di daerah Jawa Barat sampai  ke Jawa Tengah.

Lihat paket penawaran kerjasama perkebunan/ budidaya jabon dan bisnis kayu dari Jabon Asia Agro untuk mendapatkan detail informasi yang Anda butuhkan mengenai bisnis ini.