Mengenal Lebih Dekat Tentang Kayu Jabon

Ada berbagai macam jenis kayu yang kita kenal seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu maple, dan berbagai jenis kayu lainnya. Pada umumnya, kayu digunakan sebagai bahan baku utama bagi para industri baik kecil maupun besar. Kayu menjadi salah satu bahan utama yang sangat penting keberadaannya. Pernahkah anda mendengar tentang kayu jabon? Kayu yang berasal dari pohon Jabon ini mungkin masih terdengar asing ditelinga kita. Namun, kayu ini sudah dikenal oleh setiap orang yang sering menggunakan jenis kayu ini untuk memproduksi sesuatu. Berikut ini penjelasan singkat mengenai kayu yang berasal dari pohon Jabon. 

Kayu Jabon

Kayu Jabon dihasilkan oleh pohon Jabon yang termasuk kedalam keluarga Rubicaeae. Pohon Jabon biasa tumbuh di daerah yang memiliki jenis tanah yang lempung. Selain itu, pohon Jabon tumbuh di daerah yang terletak pada ketinggian 0-1000 meter. Untuk urusan tinggi dan lingkar pohon, pohon Jabon dapat mencapai ketinggian 45 meter dengan lingkar pohon 100 cm. Yang menarik adalah, pohon jabon termasuk kedalam jenis pohon yang keras dan cepat tumbuh. Karena itu, tidak heran jika pohon yang satu ini digunakan sebagai bahan baku utama untuk beberapa industri seperti industri korek api, furnitur, peti, dan jenis industri lainnya. Kayu dari pohon Jabon termasuk kedalam jenis kayu yang mudah untuk diolah sehingga, banyak para pelaku industri tertarik untuk menggunakan kayu ini.

Bagi anda yang tertarik untuk membangun industri baik berskala kecil atau besar, kayu Jabon bisa dijadikan sebagai salah satu bahan utama yang ekonomis. Mengapa ekonomis? Karena, kayu ini termasuk jenis kayu yang mudah diolah. Kayu dari pohon Jabon mudah dilem, dikeringkan, atau dipotong kedalam jenis apapun karena susutnya rendah. Untuk masa panen, kayu dari pohon Jabon bisa dipanen saat pohon tersebut memasuki umur 6 tahun. Jika anda berminat untuk membuat sebuah industri berbahan dasar kayu dari pohon Jabon, anda bisa mulai untuk mencari distributor kayu yang bisa membantu anda untuk bahan baku kayu dari pohon Jabon. Setelah anda mendapatkan distributor yang terpercaya, anda bisa mulai usaha anda.